adz47.com

Monday, February 17, 2020

Laporan Biaya Proyek Properti - Pengantar - #1

LAPORAN KEUANGAN PROYEK PROPERTI
Seri: Sistem Administrasi Sederhana (SAS) menggunakan Ms. Excel
PENDAHULUAN

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Sobat Admin…, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang berhubungan dengan bidang pekerjaan saya sebagai petugas Admin Proyek. Mudah-mudahan tulisan saya dapat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya buat sobat yang seprofesi dengan saya.
Sebagaimana kita ketahui bahwa perusahaan properti adalah sebuah perusahaan yang memiliki kerumitan dalam penghitungan keuangan. Beberapa perusahaan menggunakan perhitungan yang memasukkan persediaan sebagai rumah yang telah jadi (Ready Stock) atau dalam proses pembangunan dan tanah untuk pengembangan adalah tanah yang sedang dalam proses pematangan.
Perhitungan tanah biasanya di lakukan sebagai berikut :
  • Total Nilai Tanah + Timbunan + Pengukuran + Sarana prasarana = Tanah Untuk pengembangan

Sedangkan untuk proses Persediaan adalah :
  • Tanah untuk Pengembangan x persentase tipe bangunan =  Tanah per type
  • Tanah Per type / jumlah kapling = Nilai tanah Perkapling
  • Nilai tanah perkapling + Pembelian Bahan + Gaji Tukang + Biaya Langsung = Persediaan

Sehingga ketika terjadi penjualan maka akan di hitung seperti ini:
  • Penjualan – HPP Perumahan = Pendapatan
  • Persediaan – HPP Perumahan = Persediaan Akhir

Konsep ini sedikit rumit untuk dijelaskan kecuali kita menggunakan Sistem Administrasi Perusahaan Properti sebagai alat perhitungannya. Namun pada kasus ini, saya bertugas sebagai admin proyek di salah satu perusahaan properti di Jakarta saat pembangunan sedang berjalan. Saya menggantikan posisi rekan saya yang kini menjadi atasan saya. Setengah dari konsep laporan keuangan saya dapatkan dari rekan saya tersebut, sisanya saya harus berusaha membuat konsep sendiri agar laporan keuangan dapat dilaporkan dengan sempurna. Yang terpenting adalah… Si Bos (Owner & Investor) gampang dan paham dalam membaca laporan kita, hingga memudahkan mereka-mereka dalam mengambil keputusan.
Oya…,
Sobat Admin…, saya akan mengutip definisi atau pengertian Laporan Keuangan menurut Wikipedia.
Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi  yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Khusus untuk laporan biaya proyek properti, biasanya periode akuntansi yang digunakan adalah mingguan (mengikuti gajian tukang dan para sub kontraktor).
Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi:
  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.
Dari kutipan di atas, kita dapat melihat betapa rumitnya bila hal ini kita terapkan pada pelaporan keuangan proyek agar menghasilkan laporan yang sempurna. Seperti judul seri tulisan saya di atas yaitu Sistem Administrasi Sederhana (SAS), maka yang akan saya paparkan adalah cara menyusun laporan keuangan sesederhana mungkin berdasarkan konsep yang saya buat. Dan agar lebih sederhana lagi, saya hanya membahas laporan biaya-biaya proyek saja sebagai pelengkap neraca nantinya.
Semoga tulisan saya bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Langsung aja ya kita ke BAB I biar ga penasaran….

1 comment:

  1. Saat bermanfaat sekali. Terimakasih atas ilmu yang di bagikan

    ReplyDelete

Laporan Biaya Proyek Properti - BAB 2 - Langkah Kerja - #3

LAPORAN KEUANGAN PROYEK PROPERTI Seri: Sistem Administrasi Sederhana (SAS) menggunakan Ms. Excel BAB II LANGKAH KERJA Baiklah sobat a...